Sabtu, 01 Desember 2012

Mozilla Firefox

Mozilla adalah nama asli resmi dari Mozilla Application Suite buatan Mozilla Foundation, yang sekarang dikenal sebagai SeaMonkey.Sebelumnya, nama ini dipakai sebagai:
·         nama sandi (codename) untuk proyek peranti lunak Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar)
·         kependekan nama produk Mozilla Application Suite
·         maskot Netscape.
Sekarang nama Mozilla dipakai dengan kombinasi nama-nama produk Mozilla Foundation.
Untuk penyederhanaan, istilah Mozilla biasa digunakan untuk mengacu pada semua browser berbasis Mozilla. Contohnya, bila dikatakan bahwa sebuah website dapat dibuka oleh browser Mozilla, berarti ia dapat dibuka oleh Mozilla Suite, FirefoxCamino, Netscape 6, dll. Pada beberapa program statistik internet lama, istilah "Netscape 5.x" secara salah telah digunakanan untuk mengenali broser-browser yang menggunakan user agent string berawalan Mozilla/5.0.
b.      Peranti Lunak Mozilla
o   Mozilla Firefox.(aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platformgratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.
o   Mozilla Thunderbird.adalah perangkat lunak klien surat elektronik yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Pada 7 Desember 2004, versi 1.0 diluncurkan dan diunduh lebih dari 500.000 kali dalam 3 hari pertama. Sampai2007, Thunderbird telah didownload lebih dari 50 juta kali.Mulanya dinamai Minotaur, proyek ini awalnya kurang mendapat dukungan. Setelah suksesnya Mozilla Firefox, muncul permintaan untuk klien email yang serupa, dan Minotaur diberi nama baru. Thunderbird telah diluncurkan untuk sistem operasi berikut:
·         Microsoft Windows, termasuk 98, 98SE, Me, NT 4.0, 2000, XP, Vista, danServer 2003
·         Mac OS X
·         Sistem operasi berbasis Unix
o   Mozilla SeaMonkey. adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mail, news client untuk menerima berita dan HTML editoruntuk menyunting halaman-halaman website yang menggunakan html (hyper text mark-up language).Dahulunya perangkat lunak ini bernama Mozilla Application Suite, yang merupakan pengembangan dari Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar).SeaMonkey merupakan peranhkat lunak yang bersifat free software, open source, dancross-platform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh SeaMonkey Council (Dewan SeaMonkey).
o   Bugzilla. adalah sebuah perangkat lunak untuk penanganan bug yang awalnya dikembangkan dan digunakan oleh Yayasan Mozilla. Karena Bugzilla adalah perangkat lunak gratis dan berbasis web dan juga perangkat lunak bebas, menyebabkan Bugzilla menjadi salah satu pilihan utama untuk penanganan bug di dunia.Bugzilla membutuhkan web server seperti Apache dan sistem basis data seperti MySQLatau PostgreSQL agar bisa berfungsi. Bug dapat didaftarkan oleh siapa saja dan akan dianalisa oleh pengembang perangkat lunak. Bugzilla memiliki banyak fitur-fitur seperti pemilihan status bug, contoh tampilan (screenshot) dan lain sebagainya.
o   Camino.
o   Sunbird.
o   Minimo.
o   Flock.
o   Songbird.
o   Mozilla Weave.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar