Minggu, 02 Desember 2012

Sejarah Internet dan Sejarah Internet di Indonesia

Sejarah Internet di Dunia

Inilah yang menjadi awal mula perkembangan internet di Indonesia dan dunia. Perang dingin yang terjadi antara Uni Sovyet dan Amerika ternyata menjadi tonggak awal perkembangan internet. Saat itu Uni Sovyet berhasil meluncurkan proyek wahana luar angkasa yang diberi nama Sputnix. Amerika kemudian membentuk sebuah badan yang bertujuan untuk meningkatkan teknologi terutama di bidang computer dengan nama ARPA (Advanced Research Project Agency) yang berada di bawah Departemen Pertahanan Amerika Seriat pada tahun 1958.
ARPANET yang merupakan bagian dari tim ARPA, berhasil membuat  jaringan komputer  pertama yang menghubungkan dua buah komputer dengan jarak yang cukup jauh, pada tahun 1965. Jaringan komputer ARPANET ini menghubungkan sebuah komputer di Laboratorium IT Lincoln dengan komputer lainnya yang berada di Santa Monica.
Jaringan computer ini menggunakan penghubung berupa jaringan telepon dengan kecepatan 1.200 bps. Jaringan computer ini terus dikembangkan hingga pada tahun 1969 sudah berhasil sebuah jaringan yang menghubungkan empat universitas di Amerika.

Jaringan Komputer

Perkembangan terus dilakukan dan pada tahun 1971 ARPANET sudah berhasil menghubungkan 23 tempat dalam satu jaringan tersebut. Pada tahun tersebut pula ARPANET mengumumkan kepada masyarakat luas tentang jaringan komputer tersebut. Jaringan yang diperkenalkan ARPANET kepada masyarakat saat itu sudah bisa melakukan proses pengiriman dan penerimaan file dari satu komputer ke komputer yang lain dan menggunakan sebuah protocol pengiriman pesan.
Masyarakat mulai mengenal istilah internet pada tahun 1972. Diperkenalkan oleh Vint Cerf, yang kemudian hari dikenal sebagai “Bapak Internet” dan protocol untuk pengiriman file dari satu komputer ke komputer yang lain terus disempurnakan menjadi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang masih digunakan sebagai protocol standar internet hingga sekarang. Sejarah internet di Dunia mulai berkembang.
Dalam sejarah Internet di dunia, perkembangan internet sangat menakjubkan. Yang pada awal mula merupakan proyek untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan menjadi proyek antar universitas. Selanjutnya internet mulai digunakan oleh masyarakat dan akhirnya menjadi salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia saat ini. Banyak hal yang bisa dilakukan manusia menggunakan internet.

Sejarah Internet di Indonesia

Untuk Indonesia sendiri, internet pertama kali di Universitas Indonesia pada tahun 1988. Akses untuk terhubung ke internet saat itu masih sulit dan biaya yang dibutuhkan agar bisa terhubung ke internet sangat mahal, saat itu internet jarang dikenal oleh masyarakat. Teknologi baru yang digunakan saat itu untuk memberikan koneksi ke internet belum berhasil maksimal.
Baru setelah IndoNet, yaitu Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia berdiri pada tahun 1994 berdiri, internet mulai dikenal oleh masyarakat. Perlahan-lahan  kemudahan untuk mendapatkan akses internet ini semakin mudah untuk didapatkan. Banyak sekali ISP baru yang berdiri.  Bertambah lagi sejarah internet di Indonesia dan Dunia.
Operator telepon seluler juga tidak mau kalah untuk menambahkan fasilitas internet dalam layanannya. Kemudahan tersebut membuat hampir semua penduduk Indonesia dapat menikmati akses internet baik dari handphone, warnet, ataupun dengan berlangganan paket internet rumah. Saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 45 juta orang atau sekitar 20% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 250 juta jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar